Rabu, 05 Desember 2018

Manakah Yang Lebih Baik? Kipas Angin Biasa Atau Kipas Angin AC?


Setiap orang tentu menginginkan ruangan yang nyaman dalam melakukan setiap aktivitas. Salah satu kriteria dari kenyamanan tersebut adalah suhu dalam ruangan. Pada umumnya orang lebih menyukai berada pada tempat yang sejuk daripada ruangan yang panas. Hal itu dikarenakan tempat yang panas membuat tubuh menjadi lebih cepat gerah dan berkeringat.

Untuk membuat ruangan terasa nyaman, salah satu solusi yang sudah sering digunakan adalah dengan menggunakan alat pendingin ruangan. Terdapat beberapa alat yang biasa digunakan dalam mendinginkan ruangan, dua diantaranya adalah kipas angin biasa dan kipas angin AC.

Lantas apa perbedaan kipas angin biasa dan kipas angin AC? Sama-sama kipas bukan? Lalu mana yang lebih baik dari kedua alat itu? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu muncul dalam pikiran Anda. Nah, dalam artikel ini akan dibahas apa perbedaan dari kipas angin biasa dan kipas angin AC serta beberapa pertimbangan yang dapat digunakan untuk menentukan manakah yang lebih baik Anda pilih dari kedua alat tersebut.

Perbedaan Kipas Angin Biasa dan Kipas Angin AC

Kipas angin biasa dan kipas angin AC pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu mendinginkan ruangan. Perbedaan dari kedua alat tersebut adalah dari hasil yang dikeluarkan masing-masing alat.

Kipas angin biasa merupakan alat yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan dengan cara menghasilkan angin. Kipas angin biasa berjalan dengan cara memutarkan udara yang ada pada ruangan sehingga menciptakan rasa dingin dari angin yang berhembus.

Berbeda dengan kipas angin biasa, udara yang dihasilkan oleh kipas angin AC lebih sejuk. Hasil ini dikarenakan proses mendinginkan ruangan dari kipas angin AC adalah dengan cara menyedot udara panas melalui bagian belakang. Kemudian udara panas tersebut bercampur dengan partikel air yang terdapat pada media pendingin kipas angin AC. Disinilah terjadi proses pendinginan udara melalui kondensasi.

Manakah yang Lebih Baik? Kipas Angin Biasaatau Kipas Angin AC?

Penulis berpendapat bahwa yang terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Untuk itu, berikut beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan alat pendingin mana yang terbaik untuk Anda.

1.     Tujuan dan Kondisi Area

           a.     Hal ini yang paling penting dalam memilih mana yang terbaik bagi Anda. 
Apabila Anda menginginkan alat pendingin yang lebih mampu menyejukan ruangan, maka memilih kipas angin AC merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan kipas angin AC menghasilkan udara yang lebih sejuk dan dingin dibandingkan kipas angin biasa. Kipas Angin AC bahkan mampu menurunkan suhu ruangan hingga  celcius.

            b.     Kondisi Area
Maksud kondisi area adalah dimanakah nantinya alat pendingin yang Anda pilih akan digunakan. Hal ini perlu diperhatikan untuk dapat memaksimalkan hasil dari alat pendingin ruangan dan meminimalisir dampak dari penggunaan alat.


Jika ruangan yang Anda miliki merupakan ruangan tertutup atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik maka sebaiknya pilihlah kipas angin biasa. Hal ini dikarenakan kipas angin AC menghasilkan udara yang lembab. Apabila ditempatkan di ruang tertutup atau sirkulasi yang tidak baik maka udara pada ruangan akan bertambah lembab sehingga akan menimbulkan penyakit.



2.     Harga Alat

Jika tujuan dan kondisi area yang akan digunakan telah pas untuk kedua alat, maka pertimbangan selanjutnya adalah dari harga barangnya. Jika ditinjau dari harga barang, kipas angin biasa tentu lebih murah daripada kipas angin AC.
Harga dari kipas angin biasa hanya berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu. Sedangkan harga kipas angin AC berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 1,5 juta. Jadi lebih murah kipas angin biasa bukan?

3.     Perawatan Alat

Ditinjau dari segi perawatan alat, kedua alat ini memang cukup mudah. Namun, merawat kipas angin AC tidak semudah seperti kipas angin biasa. Jika Anda termasuk orang yang kurang telaten dalam melakukan perawatan dan tidak ingin mengeluarkan tenaga lebih dalam melakukan perawatan sendiri, maka pilihlah kipas angin biasa. Perawatan pada kipas angin biasa merupakan yang paling mudah daripada alat pendingin lainnya.

4.     Lama Penggunaan dan Biaya Penggunaan

Jika Anda membutuhkan alat pendingin yang digunakan secara terus menerus dan mudah, maka pilihlah kipas angin biasa. Hal ini dikarenakan kipas angin AC tidak bisa digunakan secara terus menerus. Kipas angin AC memerlukan air atau es pada tangki agar terasa sejuk. Sehingga, perlu pengisian ulang ketika keberadaan air atau es sudah hampir habis.
Kesimpulannya, hati-hati dalam membeli peralatan alat pendingin. Pertimbangkanlah alat pendingin yang akan Anda pilih dengan situasi dan kondisi ruangan beserta budget penggunaannya. Namun perlu diketahui juga, kipas Angin AC banyak dipilih oleh masyarakat meskipun harganya lebih mahal. Hal ini dikarenakan hasil udaranya yang lebih sejuk dibanding kipas angin biasa. Jadi, manakah yang terbaik menurut Anda? Kipas angin biasa atau kipas angin AC?


0 komentar:

Posting Komentar