Kamis, 08 November 2018

Siapa Saja yang Wajib Berpuasa dan yang Tidak?


Puasa dilakukan antara waktu matahari terbit sampai matahari terbenam. Selama jam-jam ini, kamu tidak bisa minum air, makan, berhubungan seks, atau merokok. Hanya diperbolehkan menggunakan air untuk berwudhu, tetapi selama tidak ditelan. Ketika matahari terbenam, itulah saatnya untuk berbuka puasa. Saat dimana kamu membatalkan puasa dengan minum dan makan yang manis-manis terlebih dahulu. Sebelum melaksanakan ibadah, puasa ada baiknya kita mengetahui juga siapa yang wajib dan tidak wajib berpuasa. Inilah ulasannya!
Siapa yang harus melakukan puasa? Apakah ada larangan?
Semua laki-laki dan perempuan yang beragam islam diwajibkan berpuasa, tapi dengan syarat tertentu. Adapun syarat tersebut adalah
•    Mereka yang sudah balig. Artinya kalau wanita sudah haid dan laki-laki yang sudah mengalami mimpi basah atau yang sudah disunat.
•    Berakal. Syarat orang berpuasa adalah mempunyai akal berarti orang yang gila tidak diwajibkan bepuasa.
•    Sehat yang berarti mempunyai fisik yang kuat untuk berpuasa. Tidak sedang dalam pengawasan dokter atau dengan kondisi yang tidak diperbolehkan puasa.
•    Suci dari haid atau nifas, ini syarat bagi wanita. Itu berarti tidak sedang dalam kondisi haid atau nifas.
Sedangkan syarat syah puasa adalah :
•    Suci dari haid dan nifas
•    Sudah membaca niat sebelum fajar
Kenapa harus niat? Karena niat itu yang membedakan antara benar-benar puasa karena beribadah kepada Allah atau sekedar usaha sendiri, misalnya untuk diet.



0 komentar:

Posting Komentar